Penghujung Tahun

30 Dec

Penghujung tahun.

Hari-hari ini rasanya waktu berjalan seperti udara yang berdesak-desakan memenuhi ruang kosong. Seperti sesak yang berlomba-lomba mencari jeda di sela-sela jendela agar dapat terbang bebas ke angkasa. Dan kemudian orang-orang seperti berlomba merampungkan detik demi detik yang mereka miliki di tahun ini. Namun, bukankah terasa sangat lelah berkejaran dengan waktu?

Supaya saya tidak lupa. Ini semacam pengingat saja.

Untuk 1 tahun Masehi yang hampir berlalu. Terima kasih Tuhan…

Paling tidak, kita tahu pasti, sejak tahun ini memulai perjalanannya akan ada banyak hal yang berubah. Akan ada ruang-ruang kosong yang terisi dengan banyak cerita. Akan ada banyak pintu yang terbuka satu per satu. Tapi sering luput, satu tahun ini semacam berkah dari Tuhan. Mungkin semacam pesan, kira-kira berbunyi seperti ini ”Dunia itu indah, maka jelajahilah detik demi detik waktumu dengan tersenyum.

Saya sering lupa, ketika misalnya hujan turun, saya bersorak untuk air yang turun dari langit, tapi juga tak pernah alpa merutuk bercak-bercak kecoklatan yang membekas di celana karena tanah yang basah. Atau ketika panas matahari menyengat, berapa banyak umpatan yang saya keluarkan hari itu. Seperti dengan sendirinya memanaskan hati yang seharusnya tetap dingin…

Supaya saya tidak lupa. Ini semacam pengingat saja.

Untuk 1 tahun Masehi yang hampir berlalu. Terima kasih Tuhan…

Paling tidak, semua yang berganti telah ditapaki entah dengan perlahan atau dengan terburu, dengan rute yang lurus atau berkelok, sudah sepantasnya saya berterima kasih pada Tuhan.

Untuk tawa, air mata, senyuman, keringat… terima kasih Tuhan.

 

PS. Tak ada doa awal tahun. Karena Tuhan saya yang baik mengizinkan saya berdoa sepanjang tahun…😉

 

Leave a Reply

