Yang Tak Pernah Padam

18 Aug

Ada yang tanggal hari ini, seperti terputus, hilang, tersesat atau apapun lah kau sebut namanya. Yang pasti, ini tentang keterpisahan aku dan kamu.

Tiba-tiba kamu menyapa dalam bunga tidur-ku. Aku seringkali bertanya, mengapa ia disebut bunga? Padahal sudah beberapa waktu lamanya aku berhenti memupuk siluet dirimu. Aku justru menguburnya jauh ke dalam. Membiarkan ia mengendap hingga tak lagi mampu teraba olehku.

Lantas aku terbangun dengan gelisah, mencari lebih banyak udara, karena mendadak tanpa berlari, aku menjadi sangat terengah-engah.

Akibatnya, hari ini aku terperangkap utuh oleh dirimu. Indera pendengaranku seperti menjemput banyak suara yang getarnya mengingatkanku pada dirimu. Atau misalnya saat aku sedang terpejam, kamu seperti menyapa dalam pucuk harapku yang meninggi.

*****
Aku berhenti mencari hujan hari ini.

Karena toh tak ada air mata yang harus disembunyikan dalam gerimis. Tapi aku merindukanmu. Itu pasti. Hanya saja sedang tak ada air mata disini. Kering kerontang.

Dan tak pula ada jejak yang harus terhapus, karena bukankah setiap jejak yang kita munculkan memegang peranan dalam skenario Tuhan? Tak perlu dihapus.

Walau pada akhirnya aku tahu, ternyata lebih sulit menulikan telinga, dan membutakan mata dari segala rangkaian kisah tentangmu. Ternyata lebih sulit menghilang dari dirimu ketimbang duduk manis di sampingmu. Meski menyadari saat ini tak ada ‘kita’.

Bahwa diatas segalanya, ternyata akulah yang membutuhkanmu…

*****

Yang tak pernah padam. Bayanganmu seperti putaran-putaran yang tak berkesudahan. Kadang memantul sempurna di atas, kadang mengendap menyatu dalam hitam malam. (Dipaksakan untuk) terlupakan.

Leave a Reply

