Change

11 Feb

Waktu itu terus berjalan, bukan berputar. Maka ketika sudah satu langkah dijalani waktu, meski itu hanya sepersekian detik atau satu detik, maka tidak akan pernah lagi ada kesempatan untuk mengulangnya. Menatap ke belakang bukan untuk mengulang tapi untuk merenung… Nah, karena merenung adalah salah satu kesempatan yang diberikan oleh waktu dan banyak orang berkata kesempatan itu tak boleh disia-siakan maka tulisan ini dimaksudkan untuk mengambil kesempatan yang telah diberikan oleh sang waktu.

Kadang, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah manusia benar-benar membutuhkan perubahan? Setiap orang pasti pernah merasa nyaman berada pada satu waktu, satu tempat atau satu situasi tertentu. Nah, jika tiba-tiba perubahan datang maka rasa nyaman itu pasti akan hilang dengan sendirinya. Masalahnya sekarang, siapkah kita dengan adanya perubahan tersebut? Pertanyaan yang sering muncul kemudian adalah “Kenapa harus ada yang berubah saat semuanya sudah berjalan dengan baik?“. Ada orang yang kemudian memilih untuk menutup mata dan telinga pada perubahan. Yah, seolah-olah menganggap bahwa tidak ada yang terjadi, membuat rasa nyaman pada diri sendiri karena ternyata keadaan sudah tidak dapat membuat nyaman lagi. Kesannya maksa mungkin, tapi jika itu bisa membuat nyaman maka bukankah tak apa-apa jika itu dilakukan?

Kenapa, kenapa dan kenapa? Pertanyaan yang selalu susah dijawab. Satu yang pasti, perubahan tidak mengenal waktu dan tempat karena satu hal yang memang tidak pernah berubah adalah perubahan itu sendiri. Kecil atau besar selalu ada perubahan dalam hidup kita. Bahkan saat kehidupan kita hanya memiliki irisan yang kecil dengan hidup orang lain, perubahan dapat terjadi. Sekecil apapun irisan antara kehidupan kita dengan kehidupan orang lain, pasti itu akan mempengaruhi keseluruhan hidup kita.

Semua pertanyaan di atas tampaknya selalu tertuju pada “Kenapa harus ada perubahan?“, tanpa ada penjelasan apa itu perubahan, apa yang disebut perubahan. Saya rasa perubahan itu dapat bervalensi positif tapi juga bisa bervalensi negatif. Perubahan emosi, rasa senang, rasa sedih, marah, semuanya juga termasuk perubahan. Jatuh cinta, putus cinta, pengkhianatan, kesetiaan, semuanya juga perubahan. Semua berubah… Dibutuhkan saat itu membuat nyaman, tapi dicaci saat itu merubah keadaan menjadi tidak menyenangkan.

Saya juga percaya, perubahan itu adalah suatu pilihan. Manusia punya pilihan untuk tetap berada pada posisinya sekarang namun di saat yang bersamaan juga memiliki pilihan untuk berubah. Tapi mungkin yang lebih dapat dipercaya adalah kepastian bahwa manusia akan berubah. Mungkin, saat ini ia akan memilih untuk tidak berubah tapi entah kapan ia pasti akan berubah. Namun, karena apa atau siapa itu yang tidak pernah jelas…

Kembali ke pertanyaan awal, apakah manusia siap akan adanya perubahan? Tidak pernah ada jawaban ya atau tidak, tapi jawabannya adalah HARUS!!! Mungkin perubahan itu memang diatur untuk membuat manusia siap dan lebih khususnya lagi mungkin kuat! Jika kita terus menerus menyalahkan keadaan yang berubah sebagai salah satu alasan mengapa masalah kita tidak pernah selesai, maka masalah itu dapat benar-benar menjelma menjadi masalah yang tidak pernah dapat terselesaikan. Saat kita sudah tidak berdaya untuk merubah keadaan pada situasi yang kita inginkan maka kita dapat menjadi lemah… Dan lemah sesungguhnya bukan pilihan yang tepat untuk manusia. Menjadi kuat dan SIAP pada perubahan adalah langkah tepat yang harus diambil oleh setiap orang. Awalnya pasti berat dan sakit… tapi dengan bantuan perjalanan waktu, maka semua pasti akan baik-baik saja… maka katakanlah AKU KUAT WAHAI PERUBAHAN!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Tulisan ini udah lama banget saya bikin. Tugas mata kuliah Analisis Eksistensial, sebuah essay reflektif. Tadi iseng-iseng buka file-nya. Trus kepikiran buat sekalian diposting d blog😀

4 Responses to “Change”

  1. yan-yan February 11, 2010 at 3:10 pm #

    wew…

  2. kikidanobsesinya February 11, 2010 at 5:04 pm #

    hehe, kenapa yan?

  3. Widya February 12, 2010 at 1:29 am #

    weits .. inspired ki🙂

  4. kikidanobsesinya February 12, 2010 at 3:17 am #

    hehe, makasih wid😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: