Art of Being Assertive

18 May

Perilaku asertif adalah perilaku seseorang dalam hubungan antar pribadi yang menyangkut, emosi, perasaan, pikiran serta keinginan dan kebutuhan secara terbuka, tegas dan jujur tanpa perasaan cemas atau tegang terhadap orang lain, tanpa merugikan diri sendiri dan orang lain.

(http://duniapsikologi.dagdigdug.com/2009/01/02/pengertian-perilaku-asertif/)

Terlahir menjadi manusia sama saja dengan terjepit diantara dua hal, menjadi makhluk individual dan makhluk sosial. Akibatnya, ada sebuah keharusan untuk bertingkah laku tanpa merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

Ribetkah menjadi manusia?

Menyesalkah saya terlahir sebagai manusia?

Saya bisa dengan sangat yakin mengatakan TIDAK!!!

Tidak, saya tidak menyesal terlahir menjadi manusia. Karena saya yakin, ada solusi atas keadaan terjepit itu. Saya yakin ada jalan keluar atas keharusan untuk menyenangkan diri sendiri dan juga orang lain. Dan solusi itu adalah PERILAKU ASERTIF.

Masalahnya…

Saya merasa belum mampu *dan masih terus belajar* untuk menjadi asertif. Parahnya, belakangan ini saya justru merasa semakin kurang mampu menyampaikan apa yang seharusnya saya sampaikan dan sebaliknya terkadang malah menyampaikan sesuatu dengan cara2 yang… hem… kurang tepat.

*sigh*

God, please… HELP ME!!!

3 Responses to “Art of Being Assertive”

  1. abang May 18, 2009 at 7:24 pm #

    gw kayanya ga assertif ya?

  2. kikidanobsesinya May 19, 2009 at 2:36 am #

    hahahaha, emang lo ngerasa gitu yan?
    kalo gitu, mari kita sama2 belajar menjadi asertif😀

  3. bang yan-yan May 21, 2009 at 7:55 am #

    emg yan-yan gimana menurutmu ki?

Leave a Reply

