Saya, Kamu, Dia dan Mereka

19 Mar

Saya berubah. Pernahkah kamu, dia, dan mereka berusaha menerima perubahan yang terjadi pada diri saya?

Kamu, dia, dan mereka berubah. Saya sendiri tidak yakin telah benar2 berusaha untuk menerima perubahan itu.

Pertanyaan pertama : menerima perubahan atau menyesuaikan diri dengan perubahan?

menyesuaikan diri, saya rasa itu istilah yang lebih tepat. Membuat saya, kamu, dia dan mereka terlihat lebih aktif dalam menghadapi perubahan yang ada.

Hehe, sebenernya apa si yang pengen gw omongin?

Penyesuaian diri… Yak, itu sebenernya yang pengen gw omongin.

Biar gak bingung apa itu penyesuaian diri, mari kita mulai dengan definisi. Menurut Schneider (1964) penyesuaian diri adalah

A process involving both mental and behavioral responses, by which an individual strives to cope successfully with inner needs, tensions, frustasions, and conflict, and to effect a degree of harmony between these inner demands and those imposed on him by the objective world in which he lives

Penyesuaian diri menuntut adanya keselarasan antara diri pribadi dan orang lain. Artinya seseorang yang dapat memenuhi kebutuhan atau tuntutan dari dalam dirinya dengan cara yang dapat diterima orang lain menandakan ia mampu melakukan penyesuaian diri dengan baik. Ini yang menurut gw susaaaaahhhhh banget untuk dilakukan. Faktanya, yg terjadi terkadang adalah gw berhasil memuaskan tuntutan dalam diri gw tapi ternyata gak sesuai sama harapan lingkungan gw. Ato gw berhasil memenuhi harapan lingkungan tapi ternyata gak menghasilkan kepuasan dalam diri gw. Klo udah gini, apa hidup itu emang masalah pilihan? Memilih untuk membahagiakan diri sendiri atau membahagiakan lingkungan a.k.a kamu, dia dan mereka.

B.U.K.A.N

Ternyata hidup bukan masalah pilihan dalam konteks tersbut. Saya punya kebutuhan. Kamu, dia dan mereka juga punya kebutuhan. Dan ini bukan hanya sekedar masalah memenuhi kebutuhan saya, kamu, dia ATAU mereka. Tapi, ini adalah masalah memenuhi kbutuhan dan harapan saya, kamu, dia DAN mereka.

Pertanyaan kedua : lalu siapa yang harus menyesuaikan diri agar semua kebutuhan itu terpenuhi?

Saya yang harus menyesuaikan diri?

Atau…

Kamu yang harus menyesuaikan diri?

Ato Dia?

Ato justru mereka?

Saya, kamu, dia DAN merekalah yang harus menyesuaikan diri. SALING MENYESUAIKAN DIRI. Biar yang satu tidak lagi menuntut  terlalu banyak kepada yang lain dan begitu juga sebaliknya.

Himbauan untuk DIRI SENDIRI *karena saya-lah yang punya kuasa kedua setelah Allah terhadap diri ini sendiri*

Yuuuukkk, sama2 belajar saling menyesuaikan diri. Biar saya gak lagi menuntut banyak hal sama kamu, dia dan mereka. Biar kamu, dia, dan mereka gak lagi menuntut banyak hal sama saya…

  • maaf untuk ketidakasertifan saya *diam itu bukan emas, namun juga tidak secara otomatis menjadikan banyak bicara sebagai emas. Keseimbangan, itu yang dibutuhkan. Jujur tapi proporsional *
  • maaf untuk keegoisan saya
  • maaf untuk semua tuntutan saya agar kamu, dia dan mereka bisa memahami saya *suka lupa, memahami saya ternyata bukan pekerjaan mudah… makasih temaaan sudah berusaha memahami saya 🙂*
  • Maaf untuk kekurangmampuan saya menyelaraskan kebutuhan saya dengan harapan kamu, dia dan mereka

MARI SAMA2 BELAJAR MENYESUAIKAN DIRI DENGAN BAIK, MENYESUAIKAN DIRI DENGAN PERUBAHAN2 YANG DIBUAT OLEH SAYA, KAMU, DIA DAN MEREKA

ttd

SAYA

2 Responses to “Saya, Kamu, Dia dan Mereka”

  1. yan-yan artist of war March 20, 2009 at 11:56 am #

    saling mengerti, saling memahami..

    teringat lagu katon bagaskara “dengan logika” :

    semua ku lakukan demi cinta
    saling berbeda itu wajar saja
    ku anggap kita t’lah sama dewasa
    mampu bicara dengan logika

    asiiik

  2. kiki March 27, 2009 at 2:34 pm #

    emang aseeeekkk banget dah lo yan… huehehe

Leave a Reply

