Ikan LELE

22 Jun

Setelah sekian lama gak nulis blog dan yaaaak, saya kembaliiii [hahahaha]

Kali ini, akan diadakan pembicaraan mengenai ikan LELE… ikan yang dikenal luas oleh semua kalangan dan menjadi primadona bagi para tukang pecel [pecel lele maksudnya – red]

Beberapa hari yang lalu, gw k kampus dan terlibatlah gw dalam sebuah pembicaraan menarik mengenai ikan lele di kantin. Di meja itu ada dua orang pria yang sedang makan dan tiga wanita yang duduk2 ngobrol [gw salah satunya]. Awalnya pembicaraan masih berjalan normal, ngomongin kuesioner si Ngka. Pokokny pembicaraan berjalan normal dan cukup berpendidikan. Tapi tiba2 ntah mengapa topik pembicaraan beralih menjadi ikan lele.

Menurut wikipedia.com

Lele dikembangbiakkan di Indonesia untuk konsumsi dan juga untuk menjaga kualitas air yang tercemar. Seringkali lele ditaruh di tempat-tempat yang tercemar karena bisa menghilangkan kotoran-kotoran.

lele

Jadi gak aneh bukan sodara2 kalo kalian pernah mendengar lele itu ada yang hidup di dalam septictank. Buat beberapa orang [well, banyak orang mungkin] itu membuat mereka jadi merasa jijik untuk memakan lele. Tapi, ajaibnya dua orang pria yang sedang makan itu dengan fasih menceritakan makanan lele yang… emmmm menjijikkan [padahal mereka lagi makan yah… haha]. Trus salah satu dari temen gw itu bilang “eh, jijik2 gitu, proteinnya tinggi tau”.

Bener juga kata dia. Lagipula kenapa mesti jijik? Toh, lele gak haram kan?

Lele itu termasuk omnivora, pemakan segala jenis makanan, termasuk emmm… sory, faeces kita. tapi, selaen itu, dia punya manfaat yang cukup banyak. Kali ini gw kembali meminta bantuan om google, dan gw menemukan banyak banget manfaat lele, antara lain :

  • Sebagai bahan makanan
  • Ikan lele dari jenis C. batrachus juga dapat dimanfaatkan sebagai ikan pajangan atau ikan hias.
  • Ikan lele yang dipelihara di sawah dapat bermanfaat untuk memberantas hama padi berupa serangga air, karena merupakan salah satu makananalami ikan lele.
  • Ikan lele juga dapat diramu dengan berbagai bahan obat lain untuk mengobati penyakit asma, menstruasi (datang bulan) tidak teratur, hidung berdarah, kencing darah dan lain-lain.
  • Nilai gizi ikan lele termasuk tinggi dan baik untuk kesehatan karena tergolong makanan dengan kandungan lemak yang relatif rendah dan mineral yang relatif tinggi Dalam setiap 100 gram, kandungan lemak ikan ini hanya dua gram, jauh lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi (14 gram), apalagi daging ayam (25 gram).
  • Selain kaya zat gizi, lele juga membantu pertumbuhan janin dalam kandungan dan sangat baik bagi jantung karena rendah lemak.

Jadi… kenapa mesti jijik makan lele? Toh, Allah aja gak mengharamkan lele, dan bisa diliat sendiri betapa banyak manfaat yang dihasilkan oleh lele. HIDUP LELE!!!

About these ads

44 Responses to “Ikan LELE”

  1. Indri June 22, 2009 at 1:30 pm #

    aku sih seumur hidup belum perna makan lele, tapi bukan karna makananya si lele, tapi karna aku tuh selalu kebayang si lele lagi lompat2 di ember *biasa dl kalo masi kecil ke pasar tradisional ngeliat lele satu bak dan lompat2 kesana kemari*

    jadi entah kenapa tapi sampe sekarang menolak untuk makan lele karna hal itu, hahaha…but i’ll give a try deh next time kalo udah siap lahir batin :D

    nice post!;)

    • roni setyawan November 16, 2012 at 9:20 pm #

      Mendingan gx usah coba… ntar lele’y lompat2 lagi dlm perutmu. wk…..wk..wk…

  2. bang yan-yan June 22, 2009 at 3:00 pm #

    gw baru sekali makan lele, itu juga cuma secuil.
    hahaha..
    Alloh emang ga mengharamkan sih.
    tapi kalo kita jijik terhadap suatu makanan itu,
    kalo ga salah makanan itu jadi haram atau makruh utk dimakan. (gw juga ga tau pasti tentang ini)

    di dalam ee’ atau yg dalam bahasa sansekerta disebut tinja atau dalam bahasa orang paranormal disebut faeces ada bakteri yang dinamakan E.Coli (escherchia coli) nah bakteri itu mati ga sih di dalam tubuh lele, dan setelah dimasak..??? hihi

    • sukma Philly June 6, 2011 at 12:50 pm #

      kalo lalapan lele yg di jual2 di pinggir jalan / tenda2 warung lalapan itu mah mereka beli di agennya langsung bang, sekarang kan sudah marak peternakan ikan lele, pakannya pun pake konsentrat biar pertumbuhan mereka 2x lebih cepat berkembang, pernah denger lele dumbo kan? lele dumbo itulah yg di jual di warung2 lalapan, lagian sapa juga yg melihara ikan lele dalam septicktank? bayangin aja gimana cara ngambilnya kalo harus manen 1000-2000 ekor?? :)
      jadi kalo abang mau beli di warung2 tenda, insyaAllah aman dan bersih kog, :)

  3. shari Taryana June 22, 2009 at 5:00 pm #

    haha lele emang enak koq =)

    • roni setyawan November 16, 2012 at 9:28 pm #

      Emanx enak sih ikan lele.. Tapi lele yg enak tu lele yg berkembang secara alami, maksud aku bukan hasil peternakan. Ikan lele yg hidup disungai ataupun dilobang- lobang itu yg asli enak’y… karna makanan’y alami. Aku sering makan lele yg hidup’y berkembang secara alami di alam bebas n yg hasil peternakan, rasanya jauh……. bgt bedanya.

  4. kikidanobsesinya June 24, 2009 at 2:33 pm #

    @indri : hehe, kaya nikah aja, siap lahir batin :D

    @yan-yan : setelah dimasak, insya Allah mati kok yan :p

    @shari : hehe, iya… lumayan enak kok :D

  5. Unyil October 8, 2009 at 6:23 pm #

    setuju…kalo lele itu bergizi daripada daging ato ayam,namun usahakan jangan makan terlalu sering jajanan pecel lele, kalo kita perhatikan minyak goreng tukang pecel lele jarang diganti mungkin juga tidak pernah diganti cuman ditambah kalo kurang. Ada juga tuh tukang pecel lele minyak gorengnya dicampur pake plastik tujuannya biar renyah (hal ini pernah ditayangkan di salah satu stasiun tv).
    Mendingan goreng sendiri pake minyak goreng yang fresh dan branded

  6. kikidanobsesinya October 9, 2009 at 4:20 am #

    @unyil : iya, bener banget. emang paling bener masak sendiri dengan minyak terpercaya :D

  7. Sumo bawuk November 28, 2009 at 1:08 pm #

    Lele sebenarnya halal dan banyak manfaat bagi tubuh manusia, tapi yang kebangeten tetap manusianya, sudah tahu diternak untuk dikonsumsi manusia , malah diternak campur tai orang ? semoga peternak2 yang berkelakuan kayak gitu Kualat kayak jambu mente/monyet !

    • rere July 27, 2010 at 10:10 pm #

      om yang saya tau lele tu meskipun di kasih makanan tinja kita ,..justru kelebihan dari lele itu adalah bisa mencerna dan membersihkan suatu kotoran dan klo ga salah emang lele semacam hewan yang makanannya tu adalah sisa2 ato kotoran dari suatu hewan ato manusia ,.n ga lele aja ikan di beri kelebihan ato istilahnya mendaur ulang suatu pembuangan /kotoran ,…..di ibaratkan kita hirup oksigen n buang karbondioksida tanaman mengambil karbondioksida itu dan mengeluarkan oksigen nah seperti itulah ibaratnya ,…maaf klo ada yg salah hanya ngasih tau yg saya tau,….

  8. kikidanobsesinya November 29, 2009 at 2:04 am #

    @Sumo bawuk : iya, bener juga yah. yang parah emang peternak2 lele yang pake cara2 mencampur kotoran manusia itu. semoga kalo ada yang gitu lagi, segera disadarkan… AMIN :)

  9. dewi as January 12, 2010 at 12:38 pm #

    aku lg bingung menyangktu halikan lele nie. rencananya ditugas kuliah aku mw bikin industri baso yang berbahan dasar ikan lele. . . jd’akyak gmana ya kira2.???

    pengen bgt nyoba tp aku ga bisa ngolah’a!!!! hehehe tapi aku sedang mencari di om google. semoga za da yang bisa ngedukung penelitian aku ni.

    semangat semangat. . chayo.

  10. kikidanobsesinya January 13, 2010 at 4:40 am #

    @dewi : waaaaah, ayo semangat dewi ngerjain tugas kuliahnya :D

  11. lala January 27, 2010 at 2:01 am #

    hidup lele…………….

  12. kikidanobsesinya January 30, 2010 at 10:35 am #

    HIDUP!!! :D

  13. Riema January 31, 2010 at 5:40 am #

    Sebelumny aku paling gk mau ngeliat palagi makan yg namanya lele..

    Sampai pd suatu hari, aku nyobain makan pecel lele, ternyata lele enak lho.. ..
    Sekarang lele trmasuk menu favoritku..

    Mari kita budidayakn trus lele..

  14. kikidanobsesinya February 8, 2010 at 10:34 am #

    mari kita semua membudidayakan lele!!!
    cihuuuyyy!!!

  15. tri wahyuni February 18, 2010 at 3:09 am #

    lele bukan cuma enak dinikmati sebagai pecel lele. Tapi sekedar info buat agan – agan semua, kami dari kampoenglele mengembangkan ikan lele menjadi abon lele, kripik lele, krupuk lele dan lele asap. Dijamin muantap….

    siapa tertarik bisa call di 021 – 9323 4424

  16. herdi February 24, 2010 at 3:37 pm #

    emang betul lele emang mantappppppppppp…
    bila perlu lele kami sedia bibit lele baik untuk peternak maupun calon peternak

    http://bibit-lele.blogspot.com/

  17. kyki February 25, 2010 at 2:40 pm #

    nie aku baru mau buat inovasi baru, pakanan lele menggunakan bahan yang gak permanfaat lagi, tapi perlu di garis bawahi bukan faeces. tapi limbah rumah tangga atau limbah rumah makan. pilih yang mana faeces or limbah?

  18. arsyad April 15, 2010 at 10:10 pm #

    ada yang tau ga kandungan protein pda ikan patin, nila, mas, ma lele? kalo ada yang tau mohon bantuan na ya….

  19. achie May 15, 2010 at 12:51 pm #

    jd pengen bikin kolam sndiri utk melihara lele, jd makanan buat si lele pun lbh trjamin… anakku suka soalnya..

    • sukma Philly June 6, 2011 at 1:07 pm #

      yang penting ada lahan buat ternaknya gan, bibit lele murah kok harganya, pakannya juga, pertumbuhannya cepat, & g perlu perawatan / Perlakuan khusus seperti ikan2 lain, kalo air kolam tempat lelenya mulai hijau, jangan dikuras atau di ganti jadi air bening gan, soalnya lele lebih suka hidup di air yg hijau/berlumut ketimbang air bening, selain memang habitatnya tinggal di tempat berlumpur, air yg keruh juga akan mengurangi kanibal pada lele yg badannya besar. ane tau soalnya bapak ane beternak lele & pernah ikut seminar tentang bududaya lele :)
      semoga bermanfaat :)

  20. nani June 1, 2010 at 3:57 pm #

    sama. anak ku juga seneng banget makan ikan lele. setiap di tanya mau makan apa? pasti di jawab dengan cepat ” LELE ” katanya. ( tapi ga mau lele bikinan rumah mau nya di pecel lele lamongan )

  21. robby udil rastafara June 24, 2010 at 12:17 pm #

    saya sangat suka lele,bisa abis 4 ekor kalo seklai makan hahahahah TEXAS 46

  22. ayu July 6, 2010 at 6:47 pm #

    hm…. pecel lele is one of my best traditional food ever!!! enyyaaaaakkkk…. apalagi sambelnya bikin keringetan en pastinya ketagihan makan lele terus,,,,

    masalah dipelihara di septictank…wallahu alam, selama halal, insya allah makanan yg kta makan masih barokah! hohohoho……

    ayo janjian maem lele bareeeng!! ^^

  23. nonavia August 12, 2010 at 2:22 pm #

    kl mnrt aQ siii
    yang buat enak itu sambal dari pecel lele na…
    kl lele na sii krg tw…

    mskipun aQ bkn pcinta lele…
    tp lmyan la rasa sambel na.
    :)

  24. siti September 6, 2010 at 7:11 am #

    Meskipun lele makanannya kotoran manusia, toh kotoran manusianya gak qt temukan di lele khan? Jadi untuk apa pake jijik2 sgla. yang namanya ikan tetap ikan gizinya tinggi. Aq klo ada acara bareng keluarga menunya pecel lele buatan sendiri lohhh.

  25. Budi September 21, 2010 at 6:57 pm #

    Sama gak nilai gizi lele ma ikan gabus

  26. keke October 9, 2010 at 6:17 pm #

    kalau di Jogja c kebanyakan peternak lele kasih makan lelenya pakai nasi sisa2 dari warung2 makan. secara di sini banyak warung lesehan yang sampah basahnya berlebih-lebih, kadang-kadang aja dikasi pelet (kl dikasi pelet terus, peternak bisa rugi). Malahan kadang-kadang dikasi makan rumput, lumut ato daun keladi. jadi ya masih mending lah.
    ga tau ya kl di jakarta ato kota lain gimana ceritanya.

  27. tony December 3, 2010 at 2:17 pm #

    pecel lele tu manfaat banget bwt kita

  28. rizkianto December 28, 2010 at 3:44 am #

    lele enak kok… *racauan-orang-lapar*

  29. Hanifah January 27, 2011 at 12:44 pm #

    Lele is my fav fish,,, dagingnya gurih banget. kalo dah makan di pecel ayam pinggir jalan, jarang bgt gw pesen ayam / bebek, pasti lele,, awal2 memang jijik krn banyak yg blg makan ee, ah tp bodo amat,, enak kok rasanya hihihih,,, lagian kl ALLAH sdh mengizinkan dan HALAL berarti g ada apa2,

    Kecuali babi hehehe,, saya ga makan,,, soalnya haram,,, hehehehe

    tp semenjak hamil kl makan lele d pinggir jalan takut sm minyaknya,, jd beli mentah aja goreng d rmh,, hehehe,,,

  30. Yansi novianti March 3, 2011 at 9:06 pm #

    Awalnya sih aq ga suka lele,tapi karena suami suka bgt ama ikan lele goreng jd lama2 aq jd ketularan suka.jd klu singgah di warung seafood pesannya goreng ikan lele teruz soal maknyoz,,,,,,rasany:D:D

  31. nana sukmana March 21, 2011 at 7:27 pm #

    ada baiknya kita ubah image “lele ikan kotor”menjadi ikan bersih n sehat jg menyehatkan. apalagi jadi ikan primadona! tentunya dg pelihara lele ditempat yg bersih alias layak,dg pakan pabrikan atau dari sumber pakan yg halal! ok! setuju?

  32. nhamoelya May 3, 2011 at 1:29 pm #

    kadar protein lele 20%,juga mengandung omega3 & omega6 kadar kolestrolnya juga rendah,jadi yg belum menyukai ikan lele,seperti melalaikan berkah yg d ciptakan ALLAH kepada qt sebagai manusia.BRAVO LELE,..

  33. anwar lele May 10, 2011 at 5:51 pm #

    sy mau budidaya ikan lele di rumahku. berapa biayanya?

  34. kukuh July 16, 2011 at 12:54 am #

    Saya juga seneng banget makan lele, rasanya muaaanteb. Tapi untuk yang agak jijik makan lele, mau ngga coba nugget Lele?..gizinya tetap dapet, rasanya lebih mantep yang pasti bentuknya udah gak kaya lele lagi…hiihihi, berminat hub. 021 3701237 (rumah nugget)

  35. Nabila Nova October 25, 2011 at 9:51 pm #

    Q hoby makan lele goreng..Q suka berinovasi dengan bahan baku lele seperti bikin kripik kulit lele, kripik lele, nugget lele, n mau bikin sosis n bakso lele… :D …moga terlaksana n bisa jadi usaha.

  36. cam December 22, 2011 at 2:59 pm #

    hmmmm…
    Saia stiap hari makan lele…
    Ajiiiib…

  37. dasnizar February 9, 2012 at 9:25 am #

    waw ternyata ikan lele jga membuat daya tahan tubuh kaum adam semakin kuat…

  38. independent.academia.edu February 14, 2014 at 4:06 am #

    Heya i am for the first time here. I came across this board
    and I to find It really helpful & it helped me out much.
    I am hoping to give one thing again and aid others like you aided me.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: